Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26944
Title: | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI POWTOON BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN PASAR PANJANG MAKMUR KECAMATAN SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM |
Authors: | TUNNISA, KHAUDA |
Keywords: | Media pembelajaran;Powtoon, kearifan lokal;SDN Pasar panjang Makmur |
Issue Date: | 13-Feb-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Pada penelitian ini meliputi penggunaan media pembelajaran Powtoon dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi powtoon berbasis kearifan lokal untuk materi tematik serta mampu menjadikan peserta didik lebih memahami kearifan lokal, dan tercapainya tujuan pembelajaran dikelas V SDN Pasar panjang Makmur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evalution) karena sistematika model ini sederhana, sehingga sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik dan biasanya digunakan untuk mengembangkan bahan ajar pada pembelajaran di ranah kognitif, efektif dan psikomotorik yang sesuai dengan kurikulum K-13. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Instrumen Validasi Ahli Materi, Instrumen Validasi Ahli Media, Instrumen Validasi Ahli Bahasa, Serta Angket Respon Guru Dan Angket Respon Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media animasi Powtoon berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik khususnya Materi Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat Yang Di Kaitkan Dengan Kota Subulussalam dinyatakan valid dan praktis. Tingkat kevalidan dan kepraktisan media animasi Powtoon berbasis kearifan lokal dilihat berdasarkan pada penilaian oleh Validator Media diperoleh nilai ―86,6% dengan kriteria ―Sangat Valid‖, Validator Materi ―97,6% dengan kriteria ―Sangat Valid‖, Validator Bahasa ―76,3% dengan kriteria ―Valid‖, penilaian kepraktisan oleh Guru 92% dengan kriteria ―Sangat Valid‖, dan penilaian kepraktisan Siswa 95,5% dengan kriteria ―Sangat Valid‖, yang artinya media ―Layak‖ untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26944 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
KHAUDA.pdf | Full Text | 11.81 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.