Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/26916
Title: | Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MAS PAB 1 Sampali. |
Authors: | Syaputri, Sindy |
Keywords: | Role Playing Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Metodoe Pembelajaran Eksperimen |
Issue Date: | 13-Mar-2025 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Role Palying terhadap keterampulan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di MAS PAB 1 Sampali. Penelitian ini merupakan penelitian kunatitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XII yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 51 siswa. Penentuan sampel adalah keseluruan jumlah populasi. Satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode Role Playing pembelajaran bahasa Arab yaitu kelas XII-1 yang berjumlah 28 siswa, dan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional yaitu kelas XII-2 yang berjumlah 23 siswa. Instrument tes berupa tes keterampilan berbicara bahasa Arab. Data dianalisis menggunakan uji statistic, yaitu uji-t, untuk mengui perbedaan hasil keterampilan berbicara antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar 4,235 > dari nilai ttabel sebesar 2,009 pada taraf signifikasi 0,05. Selain itu, nilai signifikasi (0,003) < dari (0,05), sehingga menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Hɑ diterima. Hasil ini mengindikasikan bahwa metode role playing memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26916 |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_Sindy Syaputri_2001020116.pdf | 5.56 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.