Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/26916
Title: Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MAS PAB 1 Sampali.
Authors: Syaputri, Sindy
Keywords: Role Playing
Keterampilan Berbicara
Bahasa Arab
Metodoe Pembelajaran
Eksperimen
Issue Date: 13-Mar-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Role Palying terhadap keterampulan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di MAS PAB 1 Sampali. Penelitian ini merupakan penelitian kunatitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XII yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 51 siswa. Penentuan sampel adalah keseluruan jumlah populasi. Satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode Role Playing pembelajaran bahasa Arab yaitu kelas XII-1 yang berjumlah 28 siswa, dan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional yaitu kelas XII-2 yang berjumlah 23 siswa. Instrument tes berupa tes keterampilan berbicara bahasa Arab. Data dianalisis menggunakan uji statistic, yaitu uji-t, untuk mengui perbedaan hasil keterampilan berbicara antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar 4,235 > dari nilai ttabel sebesar 2,009 pada taraf signifikasi 0,05. Selain itu, nilai signifikasi (0,003) < dari (0,05), sehingga menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Hɑ diterima. Hasil ini mengindikasikan bahwa metode role playing memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26916
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_Sindy Syaputri_2001020116.pdf5.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.