Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26839
Title: | PENGEMBANGAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN VIRTUAL BERBASIS DISKURSUS MATEMATIS UNTUK MENDUKUNG KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA |
Authors: | RIZKA NASUTION, MIFTAHUL |
Keywords: | Lingkungan Pembelajaran Virtual (LPV);Berpikir Kritis;ADDIE |
Issue Date: | 14-Apr-2023 |
Abstract: | Salah satu tujuan dari pendidikan di sekolah adalah mendorong kemampuan berpikir kritis siswa. Bagaimana pun, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa tidak berkembang secara automatis seperti sebuah produk dari pendidikan. Di dalam era digital sekarang ini, dimana penggunaan teknologi dalam pendidikan, seperti Lingkungan Pembelajaran Virtual (LPV) ini digunakan ketika mendesain latar pedagogi dengan tepat seperti sebuah penekanan terhadap aktifitas diskursus, LPV telah berpotensi yang besar untuk membuat siswa secara lebih aktif terlibat dalam pembelajaran. Meskipun beberapa LPV untuk pembelajaran matematikatelah berkembang, penekanan terhadap diskursus seperti sebuah dasar intervensi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa tidak menerima perhatian yang khusus. Oleh sebab itu, penelitian ini secara spesifik bertujuan untuk menghasilkan sebuah LPV berbasis diskursus matematis kepada siswa Sekolah Menengah Pertama dalam pembelajaran Matematika materi Relasi dan Fungsi kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, lembar angket respon siswa dan tes berpikir kritis. Tingkat LPV berdasarkan penilaian dua dosen mendapatkan hasil dengan nilai rata-rata 79,6% yang termasuk kategori valid untuk validitas dan 91,6% yang termasuk kategori sangat baik untuk reabilitas. Tingkat kepraktisan LPV berdasarkan observasi dua dosen dan satu guru mendapatkan hasil nilai rata-rata 4,25 yang termasuk kategori baik untuk pertemuan pertama dan 4,49 yang termasuk kategori sangat baik untuk pertemuan kedua. Tingkat efektivitas LPV berdasarkan respon siswa mendapatkan hasil nilai rata-rata 83 yang termasuk kategori sangat baik pada kelompok kecil dan 85,2 yang termasuk kategori sangat baik pada kelompok besar. Berdasarkan uraian di atas menunjukkan LPV yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika SMP. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26839 |
Appears in Collections: | Masters in Mathematics Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
MIFTAHUL RIZKA NASUTION - 2020070013 -TESIS MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf | 8.69 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.