Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2671
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSriwinarti-
dc.date.accessioned2020-03-17T04:55:52Z-
dc.date.available2020-03-17T04:55:52Z-
dc.date.issued2017-04-27-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2671-
dc.description.abstractLatar belakang masalah penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak dalam menggolongkan besar, warna dan bentuk masih rendah, anak belum mampu berfikir secara simbolis, berfikir secara egosentris dan berfikir secara intuitif, media atau teknik yang digunakan guru untuk meningkatkan kognitif anak sangat terbatas, metode yang digunakan guru kurang bervariasi Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas peneliti yaitu kelompok B RA As-Sa’adah Kecamatan Medan Area dengan jumlah anak sebanyak 15 anak dengan 8 anak laki-laki dan 7 anak Perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan melalui 3 siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perkembangan kemampuan kognitif anak dalam menggolongkan benda sebelum diberikan tindakan atau pada kondisi awal kemampuan anak rata-rata sebesar 29,5%, pada siklus 1 kemampuan anak rata-rata sebesar 34,75%, pada siklus 2 kemampuan anak rata-rata sebesar 41,5%, dan pada siklus 3 kemampuan anak rata-rata sebesar 98,25%. Maka dapat disimpulkan upaya meningkatkan kemampuan anak didik dalam kemampuan kognitif anak dalam menggolongkan benda melalui Metode demonstrasi pada RA As-Sa’adah Kecamatan Medan Area, telah memberikan hasil yang memuaskan.en_US
dc.subjectKognitifen_US
dc.subjectMenggolongkan bendaen_US
dc.subjectMetode Demonstrasien_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kognitif Anak Dalam Menggolongkan Benda Melalui Metode Demonstrasi Di RA. As-Sa’adah Kecamatan Medan Areaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.