Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2670
Title: Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Penggunaan Bahasa Cinta Pada Kelompok B RA. As-Sa’adah Kecamatan Medan Area
Authors: Rosilawati
Keywords: Kecerdasan emosional;Bahasa cinta
Issue Date: 27-Apr-2017
Abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah perkembangan kecerdasan emosional anak masih rendah, kegiatan belajar belum dapat mengembangkan kecerdasan emosional anak, kegiatan pembelajaran di kelas masih monoton, strategi pembelajaran guru yang kurang efektif Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas peneliti yaitu kelompok B RA As-Sa’adah Kecamatan Medan Area dengan jumlah anak sebanyak 15 anak dengan 8 anak laki-laki dan 7 anak Perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan melalui 3 siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Prasiklus kecerdasan emosional anak melalui penggunaan bahasa cinta pada RA As-Sa’adah Kecamatan Medan Area 2016/2017masih rendah yaitu rata-rata sebesar 4,33%. Siklus 1 peningkatan kecerdasan emosional anak melalui penggunaan bahasa cinta pada RA AsSa’adah Kecamatan Medan Area 2016/2017belum mencapai keberhasilan yaitu rata-rata sebesar 42,67%. Siklus 2 peningkatan kecerdasan emosional anak melalui penggunaan bahasa cinta pada RA As-Sa’adah Kecamatan Medan Area 2016/2017mengalami peningkatan pencapaian yaitu rata-rata sebesar 53,67%. Siklus 3 kecerdasan emosional anak melalui penggunaan bahasa cinta pada RA As-Sa’adah Kecamatan Medan Area 2016/2017 mengalami peningkatkan perkembangan sesuai dengan yang diharapkan yaitu rata-rata sebesar 82,33%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2670
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.