Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26688
Title: PEMBUATAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR DARI BAHAN SERAT IJUK DAN CANGKANG KEMIRI
Authors: DIMAS, BIMANTORO
Keywords: Pembuatan Kampas Rem;Komposit;Serat Ijuk;Cangkang Kemiri
Issue Date: 6-Jan-2025
Abstract: Kampas rem merupakan salah satu komponen kendaraan yang berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan. Jenis kampas rem yang paling umum digunakan di semua kelas kendaraan modern adalah ‘komposit resin-bonded’. Komposit resin bonded pada umumnya dibagi menjadi 3 kelas, yaitu kampas rem non-asbes organic (NAO), logam rendah (LM), dan kampas rem semi logam (SM). Komposit merupakan gabungan dari dua atau lebih material yang berbeda menjadi suatu bentuk unit mikroskopik gabungan antara pengisi dan matrik. Pengisi dapat berupa partikel kecil atau berbentuk serat. Ijuk merupakan bahan alami yang dihasilkan oleh pangkal pelepah enau (arenga pinnata) yaitu sejenis tumbuhan bangsa palma. Ijuk mempunyai sifat yang awet dan tidak mudah busuk baik dalam keadaan terbuka maupun kondisi tertanam dalam tanah. Kandungan kimia ijuk berupa kadar air 8,90%, selulosa 51,54%, hemiselulosa 15,88%, lignin 43,09% dan abu 2,54%. Cangkang kemiri merupakan limbah dari pengupasan buah kemiri yang sudah tua yang akan diambil biji inti dari buah kemiri. imana dari setiap kilogram biji kemiri akan dihasilkan 30% biji inti dan 70% cangkang. Penelitian ini dilakukan pada tempat dan waktu yang telah ditentukan untuk menunjang keberlanjutan penelitian. Selanjutnya, dilakukan penjadwalan secara teratur agar penelitian dapat selesai tepat pada waktunya. Prosedur percobaan pengujian bahan kampas rem berbahan komposit serbuk cangkang kemiri dan serat ijuk ini dilakukan dengan menggunakan alat Tribometer pin on disc. Pengujian dilakukan dengan menggunakan variasi gaya tekanan 1000 gr, 1350 RPM, waktu 60 detik, radius pin (r) 40mm dan jarak sliding (X) 54000. Tingkat keausan yang terjadi pada bahan komposit kampas rem ini bergantung pada komposisi bahan yang dimasukan, semakin banyak komposisi serbuk cangkang kemiri dan serat ijuk, maka semakin sedikit pula keausan yang terjadi
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26688
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
(BISMILLAH SARJANA) TUGAS AKHIR DIMAS BIMANTORO.pdfFull text4.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.