Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26663
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWIDARI, SRI-
dc.date.accessioned2024-12-28T02:53:23Z-
dc.date.available2024-12-28T02:53:23Z-
dc.date.issued2024-08-22-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26663-
dc.description.abstractMahasiswa Generasi Z di Kota Takengon merupakan generasi pengguna aktif media sosial yang lebih rentan terhadap kecanduan dibandingkan anggota kelompok masyarakat gayo lainnya. Media sosial yang memberikan berbagai kemudahan dan efek menyenangkan bagi para mahasiswa dapat menyebabkan suatu kecenderungan dan ketergantungan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis kebiasaan mahasiswa generasi z dalam memilih media sosial di Kota Takengon, serta Media habit Mahasiswa Generasi Z dalam menggunakan media sosial di Kota Takengon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui pendekatan studi kasus terhadap enam orang Mahasiswa Generasi Z yang memiliki ketergantungan besar terhadap media sosial. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku secara umum. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa Generasi Z cenderung memilih platform media sosial yang ngetrend dan hits di kalangan remaja dan lebih menyukai berita-berita soft news yang berhubungan dengan popularitas mereka. Mahasiswa Generasi Z di Kota Takengon senantiasa menyediakan jadwal khusus untuk mengakses media sosial berkisar antara 3 hingga 6 jam perhari. Mahasiswa Generasi Z yang aktif menggunakan media sosial akan lebih populer dibandingkan mahasiswa lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa waktu dan materi yang dikeluarkan berbanding lurus dengan manfaat yang didapatkan oleh generasi Z dalam mengakses media sosial. Kehadiran media sosial menjadikan mahasiswa lebih mudah bergaul dan berkomunikasi dan menjalin relasi, baik yang berasal dari Kota Takengon maupun dengan seluruh mahasiswa dari seluruh universitas di Indonesia.en_US
dc.subjectMahasiswaen_US
dc.subjectGenerasi Zen_US
dc.subjectSocial Mediaen_US
dc.subjectMedia Habiten_US
dc.titleSOCIAL MEDIA HABIT MAHASISWA DI KOTA TAKENGON, ACEHen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Master of Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS SRI WIDARI.pdf3.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.