Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26656
Title: PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF DAN MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT DESA BINAAN MELALUI PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PT PUPUK ISKANDAR MUDA
Authors: SAIFUDDIN
Keywords: Peran Public Relations;Citra Positif;Kepercayaan Masyarakat;Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan;PT Pupuk Iskandar Muda
Issue Date: 30-Aug-2024
Abstract: Peran public relations dalam penelitian ini menggunakan teori Cutlip, Center dan Broom dimana public relations berperan sebagai fasilitator komunikasi, peran sebagai pelatih dan konsultan/fasilitator pemecah masalah, peran manajerial atau pakar perumus, dan peran teknik komunikasi. PT Pupuk Iskandar Muda melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) telah menyalurkan berbagai bantuan sosial kepada masyarakat desa binaan seperti Rumah Sehat Sejahtera, beasiswa pendidikan, kesehatan gratis, bantuan modal usaha UMKM, pelatihan keterampilan kerja untuk pemuda desa, perbaikan sarana dan prasarana tempat umum dan ibadah dan lain lain, namun masih terkesan masyarakat kurang mendukung atas keberadaan PIM, karena beranggapan bahwa penyaluran bantuan belum maksimal, belum merata dan tidak transparan. Berdasarkan hasil Survey Kepuasan Lingkungan (SKL) tahun 2023 menunjukkan bahwa Key Performance Indicator (KPI) kepuasan lingkungan adalah 91.20% dengan tingkat kepuasan “Sangat Puas”. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran dan hambatan public relations dalam membangun citra positif dan meningkatkan kepercayaan masyarakat desa binaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif karena ingin memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan mendokumentasikan kegiatan dengan melibatkan informan dari internal perusahaan, masyarakat desa binaan, kepala desa, tokoh masyarakat, Muspika Kecamatan Dewantara dan media massa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran public relations PT PIM adalah mengkomunikasikan program perusahaan untuk pengembangan dan kesejahteraan masyarakat desa binaan, bertanggung jawab menyampaikan setiap informasi program bantuan TJSL, mengelola opini publik dan menjalin komunikasi dengan media dan stakeholder, mengelola dan mempromosikan program bantuan TJSL dengan kontribusi positif, dan melaksanakan Survey Kepuasan Lingkungan untuk menilai respon masyarakat terhadap kinerjanya. Hasil penelitian juga menjelaskan hambatan public relations yaitu keterbatasan finansial dan SDM PIM, harapan masyarakat terlalu tinggi terhadap bantuan TJSL, mengharapkan bantuan hibah (charity), tingkat pendidikan masyarakat relatif rendah, dan masih adanya kurang kepercayaan masyarakat kepada PIM.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26656
Appears in Collections:Master of Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS SAIFUDDIN 2220040023.pdf7.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.