Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26644
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Bukti-Bukti Transaksi Di Kelas X SMK Negeri 1 Sibolga Tahun Ajaran 2023/2024
Authors: Pasaribu, Ahmad Yogi Ernanda
Keywords: Model Pembelajaran Problem Posing;Motivasi Belajar Siswa;Bukti-Bukti Transaksi
Issue Date: 29-Aug-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem posing dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap motivasi belajar siswa pada materi bukti-bukti transaksi di kelas X SMK Negeri 1 Sibolga tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Sibolga, dengan sampel sebanyak 27 siswa kelas X Akuntansi. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran model problem posing. Gambaran motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem posing mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pretes adalah 62,96% dan nilai rata-rata postes adalah 80%. Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem posing terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan uji hipotesis, nilai t hitung (20,979) > t tabel (2,056) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran problem posing.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26644
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AHMAD YOGI ERNANDA PASARIBU fix1.pdf1.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.