Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26644
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Bukti-Bukti Transaksi Di Kelas X SMK Negeri 1 Sibolga Tahun Ajaran 2023/2024 |
Authors: | Pasaribu, Ahmad Yogi Ernanda |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Posing;Motivasi Belajar Siswa;Bukti-Bukti Transaksi |
Issue Date: | 29-Aug-2024 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem posing dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap motivasi belajar siswa pada materi bukti-bukti transaksi di kelas X SMK Negeri 1 Sibolga tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Sibolga, dengan sampel sebanyak 27 siswa kelas X Akuntansi. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran model problem posing. Gambaran motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem posing mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pretes adalah 62,96% dan nilai rata-rata postes adalah 80%. Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem posing terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan uji hipotesis, nilai t hitung (20,979) > t tabel (2,056) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran problem posing. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26644 |
Appears in Collections: | Accounting Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI AHMAD YOGI ERNANDA PASARIBU fix1.pdf | 1.53 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.