Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26585
Title: Analisi Semiotika Iklan Layanan Masyarakat Edisi ‘TBC’ Pada Channel Youtube Ayo Sehat Kementerian Kesehatan RI
Authors: Sanjay, Berry
Keywords: Makna Pesan;Semiotika;Keluarga;TBC;Iklan Layanan Masyarakat
Issue Date: 30-May-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Periklanan terus berkembang hingga media elektronik salah satunya Youtube. Iklan ini bercerita tentang salah seorang anggota keluarga yang terkena penyakit TBC. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui makna pesan dan dukungan keluarga terhadap penderita TBC dalam iklan layanan masyarakat edisi “TBC” melalui pendekatan Semiotika Roland Barthes. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data bagaimana dukungan keluarga terhadap penderita TBC. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, di mana menekankan pada denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil yang diperoleh peneliti berkaitan dengan makna pesan dalam iklan layanan masyarakat edisi “TBC”, peneliti menemukan adanya makna pesan dalam hal ini dukungan yang diberikan keluarga terhadap penderita TBC dalam membantu kesembuhan dengan mengingatkan penderita untuk hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan sehat, menjaga kebersihan, menjadi teman berbicara agar tidak merasa kesepian dan sendirian, berobat secara teratur dan yang paling penting tetap mengkonsumsi obat secara teratur hingga jangka waktu yang sudah di tentukan oleh dokter.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26585
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI BERRY SANJAY.pdf2.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.