Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26574
Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA LAGU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI OLEH KELAS X SMAN 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 |
Authors: | ROSYADI, MELFA FAZRIALNI |
Keywords: | PJBL;Media Lagu;Puisi |
Issue Date: | 22-Jul-2024 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis media lagu terhadap kemampuan menulis teks puisi oleh siswa kelas X SMAN 4 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 432 siswa dan sampelnya adalah siswa kelas X-12 yang berjumlah 36 siswa. Objek yang diteliti adalah penggunaan model pembelajaran problem based learning berbasis media lagu terhadap kemampuan menulis teks puisi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan non-paramentrik uji wilcoxon. Berdasarkan uji statistik non-paramentrik uji wilcoxon diperoleh nilai rata-rata perbedaan antara pretes (sebelum diberikan treatment) dengan postes (setelah diberikan perlakuan) yaitu: nilai Z hitung -4.393b dan P value Asym.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena nilai 0,000 lebih kecil dari <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima” artinya ada perbedaan dari sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran problem based learning berbasis media lagu dalam kegiatan menulis teks puisi oleh siswa kelas X SMAN 4 Medan. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26574 |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_MELFA FAZRIALNI ROSYADI_1902040081.pdf | Full Text | 4.6 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.