Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26514
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWIDARI, SELVI-
dc.date.accessioned2024-11-22T07:44:30Z-
dc.date.available2024-11-22T07:44:30Z-
dc.date.issued2024-09-25-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26514-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya guru sebagai pendidik kurang kreatif dalam memvariasikan model pembelajaran dan kurang memanfaatkan media pembelajaran sehingga membuat pembelajaran terkesan membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Contextual Teaching and Learning di kelas III, Mengetahui kemampuan berhitung perkalian kelas III dan untuk mengetahui Pengaruh model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Menghitung Perkalian pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas III MIS Mutiara Sunggal T.A 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menarik kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut yaitu Aktivitas siswa kelas III MIS Mutiara dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan operasi hitung perkalian dengan menggunakan model pembelajaran CTL mengalami peningkatan Aktivitas belajar siswa terlihat hampir seluruh siswa terrlihat aktif dan berantusias dalam pembelajaran. Kemampuan menghitung perkalian kelas III MIS Mutiara pada kedua kelas sangat berbeda. Hasil postest yang diperoleh pada kelas eksperimen yakni memperoleh jumlah skor 2.280 dengan rata – rata nilai 84.4 . sedangkan pada kelas kontrol memperoleh hasil dengan jumlah total skor 1.805 dengan rata –rata nilai 72.2. Terdapat Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemampuan menghitung perkalian di kelas III dengan hasil uji t menggunakan SPSS 20 pada pengujian Paired Sample T Test perhitungannya diperoleh berdasarkan uji statistik t pada data postest yang telah dilakukan di kedua kelas, yakni kelas eksperimen kelas III A dan Kelas Kontrol di kelas III B diperoleh bahwa H0 ditolak dan dan Ha diterima dengan nilai signifikansi (2- tailed) adalah 0.000 (p < 0.05). Sehingga hasil test awal dan test akhir mengalami perubahan yang signifikan. Adapun hasil dari Uji Determinasi besarnya pengaruh model Contextual Teaching and Learning yaitu sebesar 18%, sisanya sebanyak 82 % dipengaruhi oleh faktor lain seperti pendekatan,strategi, media dan model pembelaajaran lain yang dapat mempengaruhi kemampuan menghitung perkalian siswa.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectModel Contextual Teaching and Learningen_US
dc.subjectKemampuan Menghitungen_US
dc.subjectPerkalianen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MIS MUTIARA SUNGGAL TAHUN AJARAN 2023/2024en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SELVI WIDARI (7).pdfFull Text2.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.