Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26513
Title: PENGEMBANGAN MODUL AJAR TRANSFORMASI GEOMETRI BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA
Authors: MASRI, DEWI PUTRI
Keywords: Pengembangan;Modul Ajar;Transformasi Geometri
Issue Date: 29-Sep-2024
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh modul ajar transformasi geometri berbasis realistic mathematics education untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Proses pengembangan modul ajar diorientasikan berdasarkan model 4D yang meliputi pendefenisian (Define), perencanaan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate) namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (Develop) karna modul tidak melakukan penyebaran (Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 01 Medan sebanyak 29 siswa. Sedangkan objek dari penelitian ini merupakan bahan ajar berupa modul ajar transformasi geometri berbasis Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi dan angket respon peserta didik dengan teknis analisis data validasi, kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan hasil validasi ahli dan lembar angket respon siswa diketahui bahwa modul ajar transformasi geometri berbasis RME memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 85,57% dan sangat praktis dengan persentase 84.74%. Berdasarakan aspek keefektifan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA melalui pretest dan postest diperoleh nilai gain 0,78 dengan persentase peningkatan 78% hal ini memenuhi kriteria keaktifan.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26513
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DEWI PUTRI MASRI.pdfFull Text7.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.