Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26500
Title: Strategi Pemasaran UMKM Kedai Kopi Di Kota Medan Pada Masa Pandemi Covid-19
Authors: YASMINE, RAISHA AULIA
Keywords: Kedai Kopi;UMKM;Strategi pemasaran;Pandemi COVID-19
Issue Date: 18-Oct-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran kedai kopi UMKM di Kota Medan dalam menghadapi dampak pandemi COVID-19. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama 1 (satu) bulan. Bisnis kedai kopi yang mengalami penurunan penjualan hingga 30% akibat pembatasan sosial perlu mengembangkan strategi inovatif untuk mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode purposive sampling, melibatkan seluruh populasi UMKM kedai kopi di Kota Medan, yakni sebanyak 20 pengusaha. Analisis data dilakukan dengan Matriks IFAS, EFAS, SWOT, dan QSPM. Hasil analisis menunjukkan skor IFE sebesar 2,95 dan skor EFE sebesar 2,60, yang menempatkan UMKM kedai kopi pada kuadran I (growth). Strategi prioritas meliputi penyesuaian harga dan ketersediaan bahan baku (skor STAS 1,65), pemanfaatan lembaga permodalan (skor STAS 1,6), dan kerja sama dengan produsen serta pemasok (skor STAS 1,2). Strategi ini mengedepankan pemanfaatan kekuatan internal dan peluang eksternal untuk mendukung pertumbuhan usaha. Temuan ini menunjukkan pentingnya adaptasi strategi pemasaran bagi UMKM untuk tetap kompetitif selama masa krisis
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26500
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI - RAISHA AULIA YASMINE 1804300017.pdf1.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.