Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26490
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNURSAFITRI, RANI-
dc.date.accessioned2024-11-21T04:45:02Z-
dc.date.available2024-11-21T04:45:02Z-
dc.date.issued2024-10-29-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26490-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di kelas, siswa masih belum fokus dalam proses pembelajaran dikarenakan kurangnya guru dalam menggunakan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan Denai yang. Penelitian inmenggunakan jenis penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Muhammadiyah 19 Medan Denai yang berjumlah 44 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV B yang berjumlah 24 siswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pembelajaran bahasa Indonesia terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan Denai berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa, karena pada hasil uji t (independent t-test) diperoleh signifikansi sebesar 0,009 yang mana 0,009 < 0,05. Hal ini menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari pengujian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Reciprocal Teaching berpengaruh signifikan terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan Denai.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectKeterampilan Membaca Pemahamanen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Reciprocal Teachingen_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 19 MEDAN DENAIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Rani Nursafitri (2002090185) fixxxxx.pdfFull Text5.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.