Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26450
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNingrum, Sherly Rahayu-
dc.date.accessioned2024-11-20T05:02:11Z-
dc.date.available2024-11-20T05:02:11Z-
dc.date.issued2024-10-13-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26450-
dc.description.abstractPendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena dengan pendidikan manusia akan semakin maju dalam peradabannya dan semakin beradab dalam kehidupan sosialnya. Pembelajaran IPA di sekolah dasar dapat memberikan peranan dan pengalaman bagi siswa, namun hasil pembelajaran IPA dapat dipengaruhi oleh motivasi siswa. Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa proses pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah 19 Medan masih berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa secara aktif, sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Treffinger yang diyakini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kreatifitas dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 19 Medan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah siswa dengan hanya mengambil kelas yaitu kelas V.Instrumen penelitian ini menggunakan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Model pembelajaran Traffinger terhadap hasil belajar siswa Pada Pelajaran IPA di kelas V SD Muhammadiyah 19 Medan telah mencapai tujuan dan dikatakan berhasil atau berpengaruh. Hal ini dibuktikan dengan adanya perolehan nilai pre-test siswa yang hanya berkisar pada rata-rata senilai 66,88 meningkat pada perolehan post test menjadi 80,43 setelah diberikannya perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran treffinger. Hasil uji hipotesis yang dilakukan oleh peneliti juga menunjukkan adanya nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari dari Mode lpembelajaran treffinger terhadap hasil belajar siswa Pada Pelajaran IPA di SD Muhammadiyah 19 Medan Denai.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Treffingeren_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 19 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SHERLY RAHAYU NINGRUM.pdfFull Text4.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.