Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26411
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | YUNI, KHAFIFAH ADHA | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-19T05:18:10Z | - |
dc.date.available | 2024-11-19T05:18:10Z | - |
dc.date.issued | 2024-08-17 | - |
dc.identifier.uri | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26411 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Kelas V SD Muhammadiyah 01 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Muhammadiyah 01 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan tes. Motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match pada Pelajaran matematika berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata = 90,78. Hal ini dapat diketahui siswa yang memperoleh nilai 66-79 dikategorikan baik sebanyak 1 orang (2%) dan siswa yang memperoleh nilai 80-100 dikategorikan sangat baik sebanyak 18 orang (98%). Motivasi belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Make A Match pada Pelajaran matematika berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 61,05. Hal ini dapat diketahui siswa yang memperoleh nilai 40-55 dikategorikan kurang sebanyak 6 orang (30%), siswa yang memperoleh nilai 56- 65 dikategorikan cukup sebanyak 9 orang (45%), siswa yang memperoleh nilai 66-79 dikategorikan baik sebanyak 5 orang (25%). Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 5,3693 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel taraf signifikan α = 5% dengan Db= n1+ n2-2 = 59 maka diperoleh ttabel = 1,684. Demikian dapat diketahui thitung > ttabel yaitu 5,3693 > 1,684 maka Ha diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap motivasi Belajar Siswa oleh siswa kelas V SD Muhammadiyah 01 Medan tahun pembelajaran 2023-2024. Disimpulkan bahwa hipotesis terbukti kebenarannya. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Make A Match | en_US |
dc.subject | Motivasi Belajar Siswa | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 01 MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_FIFAH_adha_YANG_BENAR[1]...... (1).pdf | Full Text | 2.1 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.