Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26405
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRITONGA, ROSALINA HUTBAH-
dc.date.accessioned2024-11-19T05:01:37Z-
dc.date.available2024-11-19T05:01:37Z-
dc.date.issued2024-08-13-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26405-
dc.description.abstractPemikiran Ki Hajar Dewantara berpusat pada proses pembentukan siswa untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman mereka. Oleh karena itu, tidak hanya penting untuk memahami Pancasila secara teoritis, tetapi juga untuk menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan seperti ini sejalan dengan perspektif Ki Hajar Dewantara tentang bagaimana membentuk karakter siswa yang mengutamakan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode Studi Literature atau Library Research. studi kepustakaan adalah sebuah metode penelitian yang mengkaji berbagai teori, hipotesis dan berbagai sumber referensi berbeda yang berhubungan dengan nilai-nilai profil pelajar pancasila dan pembelajaran kontekstual yang diteliti. Dimana metode yang mengkaji berbagai teori, berbagai sumber referensi berbeda, serta mengelolah bahan penelitian yang sesuai dengan pokok kajian dan menjelaskan penguatan Nilai-nilai Pancasila melalui kurikulum medeka di SMA Budisatrya kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi dan studi kasus. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu berdasarkan hasil observasi di Budisatrya kota Medan ternyata terdapat banyak perbedaan baik peserta didik maupun guru, namun perbedaan tersebut bukan menjadi penghalang berlangsungnya proses pembelajaran, dimana sekolah ini sangat menjunjung tinggi nilai toleransi. Penanaman nilai-nilai Pancasila melalui kurikulum merdea yang sudah diterapkan di SMA Budisatrya kota Medan. Kurikulum merdeka telah diimplementasikan untuk kelas, sehingga peserta didik dapat bergotong royong, berpikir kritis, serta kreatif pada saat diberikan sebuah projek. Implementasi nilai-nilai Pancasila di SMA Budisatrya kota Medan telah memberikan penguatan terhadap karakter profil pelajar Pancasila peserta didik. Hal ini berhasil dicapai berkat partisipasi seluruh warga sekolah.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectNilai-nilai Pancasilaen_US
dc.subjectKurikulum Merdekaen_US
dc.subjectSMA Budisatryaen_US
dc.titlePENGUATAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KURIKULUM MERDEKA KELAS XI SMA BUDISATRYA T.A 2024/2025en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ROSALINA HUTBAH R_2002060014 (2).pdfFull Text4.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.