Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26362
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDev, Wulan Noviana-
dc.date.accessioned2024-11-18T02:32:46Z-
dc.date.available2024-11-18T02:32:46Z-
dc.date.issued2024-10-17-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26362-
dc.description.abstractPembelajaran matematika cenderung dianggap sulit oleh sebagian siswa, serta pembelajaran yang monoton menyebabkan aktivitas serta pemahan konsep siswa kurang memuaskan. Alternatif penggunaan pendekatan dalam proses pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education, dikarenakan model RME ini menitik beratkan pada pembelajaran matematika yang memfokuskan pada kehidupan sehari-hari siswa, membuat siswa mampu menghubungan materi yang diajarkan dengan pengalamanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian jenis kuantitatif. Menurut (Sugiyono, 2019) penelitian kuantitatif diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif / statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotetsis yang telah ditetapkan.Berdasarkan hasil pretest pada kelas ekperimen yang dilakukkan sebelum diberikkannya perlakuan dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa memperoleh nilai rata-rata 76,40 kemudian setelah diberikannya perlakuan menggunakan Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Kemampuan Memahami Matematika Siswa di kelas V SD IT Ar-Rayu Paya Geli”siswa memperoleh nilai posttest dengan rata-rata 84,00. Pada kelas kontrol yang berjumlah 13 siswa memperoleh hasil pretest rata-rata nilai siswa adalah 63,85 kemudian dilakukkannya pengujuan kembali tanpa menggunakan Model PembelajaranRME (Realistic Mathematics Education) memperoleh nilai posttest 67,69.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectModel Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education)en_US
dc.subjectTerhadap Kemampuan Memahami Matematikaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCADION) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SD IT AR – RAYU PAYA GELIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI WULAN NOVIANA DEVI 2002090181.pdfFull Text10.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.