Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26348
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorApriyanti, Adinda Sri-
dc.date.accessioned2024-11-16T07:59:44Z-
dc.date.available2024-11-16T07:59:44Z-
dc.date.issued2024-09-10-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26348-
dc.description.abstractKomunikasi interpersonal sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua individu atau di antara sekelompok individu, dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik seketika. komunikasi interpersonal adalah sebuah proses dan usaha individu atau kelompok dalam memberi pengaruh dengan menyampaikan informasi atau pesan yang dimaksud kepada individu lain baik secara verbal maupun nonverbal sehingga mendapat umpan balik dan terjadi interaksi antara kedua pihak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Daya Cipta. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan objek penelitian sebanyak 8 orang siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara yang sesuai dengan Pelatihan Assertive Melalui Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelatihan assertive melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan Komunikasi Interpersonal siswa yang awalnya rendah dan cenderung menutup diri dengan lingkungan social sekarang jauh lebih terbuka dan mampu bekomunikasi dengan baik.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPelatihan Assertiveen_US
dc.subjectBimbingan Kelompoken_US
dc.subjectKomunikasi Interpersonalen_US
dc.titlePelatihan Assertive Melalui Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Daya Cipta Tahun Ajaran 2023/2024en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Revisi LUX.pdf2.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.