Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26308
Title: KOMUNIKASI PERSUASIF PUSKESMAS MEDAN AREA SELATAN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT MELAKUKAN POLA HIDUP SEHAT
Authors: FARHAN, DWI CAHYO
Keywords: komunikasi persuasif;puskesmas;masyarakat;pola hidup sehat
Issue Date: 29-Aug-2024
Abstract: Komunikasi persuasif dapat mengubah pengetahuan komunikan tentang sesuatu yang dipercayainya sehingga dapat mempengaruhi sikap dalam lingkungan, pola pikir, hingga perilaku seseorang. Hal ini dapat ditemukan pada Puskesmas Medan Area Selatan yang menyampaikan informasi persuasif, yang bermanfaat kepada masyarakat Medan Area Selatan. Dengan adanya bahasa yang persuasif dapat mampu mengubah pola pikir masayarakat Medan Area Selatan berupa kesadaran dalam meningkatkan pola hidup sehat. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Medan Area Selatan dengan rumusan masalah sebagai bagaimana komunikasi persuasif Puskesmas Medan Area Selatan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat melakukan pola hidup sehat. Tujuan penelitian adalah ingin mengetahui komunikasi persuasif Puskesmas medan area selatan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat melakukan pola hidup sehat. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Metode analisis data yang akan dilakukan peneliti adalah metode analisis data deskriptif – kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang peniliti lakukan, peneliti menemukan bahwa komunikasi persuasif yang digunakan yaitu komunikasi verbal, komunikasi non verbal serta komunikasi perilaku tertentu yaitu spontan, kebiasaan serta sadar
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26308
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FARHAN DWI CAHYO.pdfFull text7.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.