Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26305
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR OLEH SISWA KELAS XI SMK SWASTA MUHAMMADIYAH 2 PEMATANG SIANTAR TAHUN 2024/2025
Authors: SALSABILA, NADYA
Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning;Kemampuan Menulis Teks Prosedur.
Issue Date: 22-Oct-2024
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning siswa kelas XI SMK Swasta Muhammadiyah 2 Pematang Siantar tahun 2024/2025. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI Akuntansi-1 yang berjumlah 30 orang di SMK Swasta Muhammadiyah 2 Pematang Siantar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian menggunakan tes esai yaitu menulis teks prosedur sesuai tema. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memperoleh nilai rata-rata 83,06 dengan kategori sangat baik, sedangkan kemampuan menulis teks prosedur tidak menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memperoleh nilai rata-rata 47,5 termasuk dalam kategori kurang baik, Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 3,79 dengan nilai df sebesar 29 sehingga diperoleh nilai ttabel = 1,69 dengan demikian thitung > ttabel (3,79 >1,69) dengan demikian dapat disimpulkan terdapat adanya perbedaan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning oleh siswa kelas XI SMK Swasta Muhammadiyah 2 Pematang Siantar Tahun 2024/2025.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26305
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FIX LUX EDIT NADYA SALSABILA98.pdfFull Text4.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.