Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26298
Title: | PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOLA KEUANGAN MAHASISWA FKIP UMSU |
Authors: | YUNITA, RAMADANI |
Keywords: | Literasi Keuangan;Kemampuan Mengelola Keuangan |
Issue Date: | 29-Aug-2024 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh pengetahuan dan pemahaman mahasiswa FKIP UMSU tentang konsep keuangan dasar, seperti budgeting, investasi, dan pengelolaan risiko, terhadap kemampuan mereka dalam merencanakan pengeluaran, mengelola utang, dan mencapai tujuan keuangan. Analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa literasi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan mahasiswa dalam mengelola keuangan sehari-hari. Hasil ini menyarankan perlunya integrasi pendidikan keuangan dalam kurikulum perguruan tinggi untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan yang diperlukan dalam mengelola keuangan mereka secara efektif. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan literasi keuangan terhadap kemampuan mengelola keuangan mahasiswa FKIP UMSU. Nilai F hitung sebesar 155,174 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu, koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,654 mengindikasikan bahwa 65,4% variasi dalam kemampuan mengelola keuangan mahasiswa dapat dijelaskan oleh literasi keuangan. Sisanya, 34,6%, dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Temuan ini menegaskan pentingnya literasi keuangan dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengelola keuangan pribadi |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26298 |
Appears in Collections: | Accounting Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI YUNITA RAMADANI_2002070024.pdf | Full text | 3.97 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.