Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26284
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | RIYAN, PEBRIANSYAH | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-15T04:25:43Z | - |
dc.date.available | 2024-11-15T04:25:43Z | - |
dc.date.issued | 2024-08-27 | - |
dc.identifier.uri | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26284 | - |
dc.description.abstract | Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat, pendidikan vokasional sangat penting untuk mempersiapkan siswa ke dunia kerja, namun SMK Raksana 2 Medan menghadapi tantangan dalam mengelompokkan siswa ke jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma K-Means sebagai metode clustering dalam peminatan jurusan siswa, menggunakan data minat, bakat, dan prestasi akademik 100 siswa kelas 5 yang dikumpulkan melalui kuesioner, nilai rapor, dan wawancara. Setelah melalui tahap preprocessing, algoritma K-Means mengelompokkan siswa ke dalam lima cluster utama berdasarkan kesamaan karakteristik. Hasil clustering memberikan rekomendasi jurusan yang lebih tepat, meningkatkan efisiensi dan akurasi pemilihan jurusan serta mengoptimalkan potensi siswa sesuai dengan minat dan bakat mereka. Penerapan algoritma K-Means ini terbukti dapat membantu pengelompokan siswa secara lebih objektif dan akurat, meningkatkan kualitas pendidikan vokasional di SMK Raksana 2 Medan | en_US |
dc.subject | Data Mining | en_US |
dc.subject | K-Means | en_US |
dc.subject | Clustering | en_US |
dc.subject | Peminatan Jurusan | en_US |
dc.subject | SMK Raksana 2 Medan | en_US |
dc.title | PENERAPAN ALGORTIMA K-MEANS UNTUK MEMETAKAN PEMINATAN JURUSAN BAGI SISWA/I SMK RAKSANA 2 MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Information Technology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DRAFT SIDANG RIYAN(1) (1).pdf | Full text | 2.78 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.