Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26284
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRIYAN, PEBRIANSYAH-
dc.date.accessioned2024-11-15T04:25:43Z-
dc.date.available2024-11-15T04:25:43Z-
dc.date.issued2024-08-27-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26284-
dc.description.abstractDalam era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat, pendidikan vokasional sangat penting untuk mempersiapkan siswa ke dunia kerja, namun SMK Raksana 2 Medan menghadapi tantangan dalam mengelompokkan siswa ke jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma K-Means sebagai metode clustering dalam peminatan jurusan siswa, menggunakan data minat, bakat, dan prestasi akademik 100 siswa kelas 5 yang dikumpulkan melalui kuesioner, nilai rapor, dan wawancara. Setelah melalui tahap preprocessing, algoritma K-Means mengelompokkan siswa ke dalam lima cluster utama berdasarkan kesamaan karakteristik. Hasil clustering memberikan rekomendasi jurusan yang lebih tepat, meningkatkan efisiensi dan akurasi pemilihan jurusan serta mengoptimalkan potensi siswa sesuai dengan minat dan bakat mereka. Penerapan algoritma K-Means ini terbukti dapat membantu pengelompokan siswa secara lebih objektif dan akurat, meningkatkan kualitas pendidikan vokasional di SMK Raksana 2 Medanen_US
dc.subjectData Miningen_US
dc.subjectK-Meansen_US
dc.subjectClusteringen_US
dc.subjectPeminatan Jurusanen_US
dc.subjectSMK Raksana 2 Medanen_US
dc.titlePENERAPAN ALGORTIMA K-MEANS UNTUK MEMETAKAN PEMINATAN JURUSAN BAGI SISWA/I SMK RAKSANA 2 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Information Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DRAFT SIDANG RIYAN(1) (1).pdfFull text2.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.