Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26263
Title: PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 037157 KENDETLIANG
Authors: LELA, MUSLIMAH BERUTU
Keywords: pemecahan masalah matematika;Metode Pembelajaran problem based learning
Issue Date: 29-Aug-2024
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai matematika siswa kelas V SDN 037157 Desa Kendet Liang yang disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yaitu kurang tepatnya guru dalam memilih metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikansi dari penggunaan metode pembelajaran problem based learning di kelas V SDN 037157 Desa Kendet liang dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran problembased learning terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN 037157 Desa Kendetliang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pengolahan data kuantitatif serta menggunakan teknik total sampling dimana seluruh populasi dapat dijadikan sampel yang berjumlah 34 Siswa. Variabel bebas adalah Metode Pembelajaran problem based learning, sedangkan variabel terikat yaitu pemecahan masalah matematika. Proses pengambilan data menggunakan data kelas kontrol dan data kelas eksperimen yang dianalisis menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian dari uji t (Independent Sample T-test) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran show and tell terhadap keterampilan berbicara dengan nilai sig. 2-tailed sebesar 0,002. Berarti 0,002 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran prolem based learning terhadap keterampilan berbicara siswa di kelas V SDN 037157 Desa Kendet Liang.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26263
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LELA MUSLIMAH BERUTU.pdfFull text2.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.