Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26246
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Merawan
Authors: Lubis, Putri Amelia
Keywords: Pengaruh;Model Pembelajara Problem Based Learning (PBL);Pemahaman Konsep;Pembelajaran Matematika
Issue Date: 31-Jul-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep siswa pada materi persamaan garis lurus dikelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Merawan. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan menggunakan desain nonequivalent control group. Instrumen yang digunakan dalam penleitian ini yaitu instrumen tes. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Merawan yang berjumlah 62 siswa terdiri dari 31 siswa dari kelas VIII-1 dan 31 siswa dari kelas VIII-2. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata- rata posttest pemahaman konsep siswa kelas kontrol sebesar 63,90 dan nilai rata- rata posttest pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 82,06. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji independent t-test memperlihatkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya nilai posttest pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen lebih besar daripada nilai posttest pemahaman konsep siswa pada kelas kontrol. Artinya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Merawan
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26246
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PUTRI AMELIA LUBIS (2002030023).pdf4.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.