Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26245
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnnisa, Tri Yulia-
dc.date.accessioned2024-11-14T10:55:25Z-
dc.date.available2024-11-14T10:55:25Z-
dc.date.issued2024-09-21-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26245-
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMA Muhammadiyah 02 Medan menunjukkan bahwa siswa kelas XI Reguler 3 masih kurang mampu memahami materi perbandingan trigonometri, terdapat beberapa masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika diantaranya yaitu dalam proses pembelajaran masih banyak guru yang tidak menggunakan media pembelajaran.Hal ini menyebabkan siswa cenderung kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif adalah media pembelajaran permainan LoGo. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangkan media pembelajaran LoGo terhadap hasil belajar siswa dan respon siswa pada materi perbandingan trigonometri. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE.Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, teknik observasi, pemberian tes berbentuk pilihan berganda dan adanya angket. Hasil persentase validasi yang dilakukan validator yaitu 90% oleh ahli materi dan 80,5% oleh ahli media dengan kriteria sangat baik atau sangat valid. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran permainan LoGo memperoleh n-gain antara 0,5 1 dengan kriteria sedang dan tinggi. Angket respon siswa terhadap media pembelajaran permainan LoGo dengan persentase yang diperoleh 90,53% di mana media ini dikategorikan sangat praktis.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectPembelajaran Matematikaen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectTrigonometrien_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Permainan LoGo (Ludo Trigonometri) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 02 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.