Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26237
Title: | PENGARUH PENERAPAN MODEL THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS IV SDS BINA TARUNA JAYA |
Authors: | CHAIRANI, . |
Keywords: | Thinking Aloud Pair Problem Solving;Berpikir Tingkat Tingg |
Issue Date: | 18-Oct-2024 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas IV SDS Bina Taruna Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDS Bina Taruna Jaya yang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar Tes. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving yaitu 72 banding 50. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving 60 Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition adalah 81 Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t (Paired Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2- tailed) adalah 0,000 0,05 maka dapat dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan posttest dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran Projects Based Learning Terhadap Sikap Tanggung Jawab Siswa Kelas IV SDS Bina Taruna Jaya. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26237 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
CHAIRANI.pdf | 5.79 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.