Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26225
Title: PERAN GURU PPKN SEBAGAI EVALUATOR DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMDIYAH 24 AEK KANOPAN
Authors: HAMIDAH, DALIMUNTHE
Keywords: GURU PPKN;EVALUATOR DALAM MENINGKATKAN;DISIPLIN BELAJAR SISWA
Issue Date: 13-Aug-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagai evaluator dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMP Muhammdiyah 24 Aek Kanopan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) serta siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan tiga alur tahap kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan peran guru dalam mengembangkan sikap disiplin siswa dalam proses pembelajaran pada siswa SMP meliputi menasehati siswa, keteladanan dalam berperilaku, memberikan hukuman jika bersalah, memberikan penghargaan (hadiah) jika berprestasi, serta melakukan kerjasama guru dengan orang tua sudah baikHasil dari penelitian ini dalam meningkatkan disiplin belajar siswa, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagai evaluator melakukan evaluasi pembelajaran secara terus-menerus untuk melihat keberhasilan siswa dalam belajar dan dapat meningkatkan disiplin belajar siswa apabila dari hasil evaluasi belajar siswa belum menunjukan keberhasilan. Guru PPKn sebagai evaluator, mereka membandingkan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan dan berperan dalamkerja samakelompok. ebagai evaluator guru PPKn secara berkelanjutan menilai perkembangan moral siswa dengan menggunakan berbagai metode penilaian. Namun demikian, terdapat beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaan peranan guru PPKn dalam membentuk kecerdasan moral siswa. Pertama, kedisiplinan siswa yang belum mencapai tingkat optimal dapat berdampak pada efektivitas peranan guru dalam proses pembelajaran PPKn. Kedua, terdapat keterbatasan dalam komunikasi antara orang tua dan sekolah, yang mengakibatkan peran guru tidak dapat berjalan dengan maksimal. Dalam kesimpulannya, peran Guru PPKn memiliki kontribusi yang sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan moral siswaSelain itu, guru PPKn juga berperan dalam mengembangkan keterampilan membimbing diskusikelompok kecil, mengatur pelajaran, dan menjaga tata tertib sekolah
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26225
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_HAMIDAH DALIMUNTHE_2002060018(1).pdfFull text3.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.