Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26184
Title: PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF REGULATION LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA BUDI AGUNG MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024
Authors: RAMADHINI, NASYIWA
Keywords: Bimbingan Kelompok;Teknik Self Regulation Learning;Kesiapan Belajar.
Issue Date: 22-Sep-2024
Publisher: umsu
Abstract: Permasalahan terkait kurangnya kesiapan belajar siswa yang sering terjadi disekolah. Siswa seringkali mengalami permasalahan dalam kesiapan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Self Regulation Learning Untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta Budi Agung Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi terdiri dari 2 kali pertemuan melalui pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X yang berjumlah 258 siswa SMA Swasta Budi Agung Medan, dan objek berjumlah 8 siswa yang berada pada kelas X Jendral Sudirman. Penggunaan instrumen dalam penelitian ini berupa pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan belajar pertemuan pertama sebelum berikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulation learning terdapat siswa masi kurang pada kesiapan belajarnya, seperti bercerita saat guru menerangkan bahkan masi ada siswa yang mengerjakan tugas rumah (pr) disekolah setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulation learning kepada siswa setelah pertemuan pertama dan kedua kesiapan belajar siswa sangat meningkat dengan terbuktinya dari hasil observasi dan wawancara berbeda hasil sebelum dan sesudah sehingga terlihat peningkatan dalam kesiapan belajar siswa.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26184
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NASYIWA RAMADHINI.pdfFull Text7.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.