Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26167
Title: | Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ethnomatematika Kesultanan Melayu Deli Terintegrasi Ar Untuk Pembelajaran Bangun Datar Di Kelas Inklusi Kota Medan |
Keywords: | Augmented Reality;Bangun Datar;Bangun Datar;Etnomatematika;3D |
Issue Date: | 7-Aug-2024 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Penelitian ini dilakukan di beberapa sekolah inklusi Kota Medan, meliputi SDN 067261, SDN 064007 dan SDN 064999 untuk mengukur dampak dan pengaruh penerapan aplikasi HistoMath sebagai media pengajaran bangun datar pada materi pembelajaran matematika. Aplikasi ini menggunakan model pengembangan R&D dengan melalui 5 tahapan, 1. Assessment, 2. Design, 3. Development, 4. Implementation, dan 5. Evaluation dengan strategi pembelajaran Discovery Learning (DL) dan pendekatan berbasis etnomatematika yang mengintegrasikan konstruksi bangunan Mesjid Raya dan Istana Maimun era Kesultanan Melayu Deli dengan teknologi Augmented Reality dan 3D 360°. HistoMath memiliki dua tampilan user siswa dan guru. Pada user siswa terdiri atas 6 fitur yaitu 1) Kompetensi, 2) Visualisasi 3D Mesjid Raya Al-Mashun dan Istana Maimun 3) Video terintegrasi Augmented Reality berbasis etnomatematika, 4) Materi, 5) Kuis interaktif berbasis audiovisual, dan 6) Uji kompetensi. Pada tampilan user guru dapat melakukan pembaruan fitur, meninjau hasil perkembangan pembelajaran dan respon siswa. Hasil menunjukkan sebesar 90,63% kategori sangat valid, nilai kepraktisan menunjukkan angka 85% dan berada di kategori sangat praktis. keefektifan diukur melalui data pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar sebesar 2.8, 6.5 dan 6.2, dengan respon siswa meningkat sebesar 7,4, 12,2, dan 10,2. Berdasarkan uji regresi linier sederhana pengaruh HistoMath sebesar 65,5% terhadap hasil belajar siswa (Nilai Sig. = 0,003). Kesimpulannya, aplikasi HistoMath tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang unik dan menarik, tetapi juga membantu siswa menyelami kearifan lokal, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah inklusi. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26167 |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
WAHYUNI.pdf | 13.14 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.