Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26163
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBASIS MEDIA VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INDONESIA KELAS V DI MIS AL HIDAYAH NAMORAMBE
Authors: AYU ANGGRAINI, LUBIS
Keywords: Model Pembelajaran Picture and Picture;Keterampilan Menulis
Issue Date: 21-Aug-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MIS Al-Hidayah Namorambe. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pre-test-Post-test Design, karena dalam rancangan ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diberikan Pre-Test sebelum diberikan perlakuan, kemudian diberikan Post-Test setelah diberikan perlakuan. Sedangkan pada kelas kontrol diberikan Pre-Test dan Post-Test tanpa diberikan perlakuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah Performance Test yang sudah di validasi kepada validator ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara rata-rata nilai kelas eksperimen dengan rata-rata nilai kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat ”Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MIS Al-Hidayah Namorambe”.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26163
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AYU ANGGRAINI LUBIS.pdf2.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.