Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2615
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPertiwi, Yuli-
dc.date.accessioned2020-03-14T06:56:01Z-
dc.date.available2020-03-14T06:56:01Z-
dc.date.issued2017-02-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2615-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan meringkas teks laporan hasil observasi dalam bentuk diagram pohon dengan model project based learning, kemudian untuk mengetahui kemampuan siswa meringkas teks laporan hasil observasi dalam bentuk diagram pohon dengan model konvensional, tujuan akhir penelitian ini adalah untuk mengetahui model project based learning terhadap kemampuan meringkas teks laporan hasil observasi dalam bentuk diagram pohon oleh siswa kelas X SMA Tamansiswa Medan tahun pembelajaran 2014-2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Tamansiswa Medan. Populasi seluruh siswa kelas X berjumlah 103 siswa. Populasi yang dijadikan sampel (sampel total) adalah kelas X IPA-1 ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 23 orang dan kelas X IPA-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen, dengan model project based learning pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Penelitian ini menunjukkan pengaruh suatu metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa meringkas teks laporan hasil observasi dalam bentuk diagram pohon, dengan metode ini peneliti menggunakan harga pada ttabel sebagai langkah-langkah dalam mengelola hasil data adalah tes essai meringkas teks laporan hasil observasi dalam bentuk diagram pohon. Hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 70,28 (mean) dan pada kelas kontrol 51,51 (mean). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Meringkas Teks Laporan Hasil Observasi dalam Bentuk Diagram Pohon oleh Siswa Kelas X SMA Tamansiswa Medan Tahun Pembelajaran 2014-2015. Hal ini, dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung>ttabel yaitu (6,05 > 1,681), karena hasil kemampuan siswa dalam meringkas teks laporan hasil observasi dalam bentuk diagram pohon yang diajar dengan menggunakan model project based learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Dengan demikian, hipotesis Ha diterimaen_US
dc.subjectModel Project Based Learningen_US
dc.subjectKemampuan Meringkas Teksen_US
dc.titlePengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Meringkas Teks Laporan Hasil Observasi dalam Bentuk Diagram Pohon oleh Siswaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.