Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26154
Title: PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDS TAMAN SISWA BELAWAN
Authors: SITI, ANNISA
Keywords: Media, Diorama,;, Minat Belajar
Issue Date: 21-Sep-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran diorama pada pembelajaran ipa di kelas v SDS Taman Siswa Belawan .jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif .instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi yang digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan minat belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotensis untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan media diorama terhadap minat belajar siswa . Dari hasil penelitian Terhadap Peningkatan yang signitifikasi dalam minat belajar siswa kelas V setelah penerapan pembelajaran media diorama. Sebelum penerapan model media pembelajaran diorama , nilai rata- rata minat belajar siswa adalah 57.84. Setelah penerapan media tersebut, nilai rata – rata meningkat menjadi 83.80. Peningkatan mean sebesar 25.96 poin ini menunjukan bahwa siswa menjadi lebih tertarik dan terlibat dalam proses pembelajaran setelah pembelajaran media diorama diterapkan . Hal ini dibuktikan Nilai signitifikasi (Sig .(2-tailed)) yang dihasilkan adalah 0.000, yang jauh lebih kecil dari ambang batas signitifikasi yang umumnya digunakan (0.05). Dengan demikian , hasil uji t – test ini menolak hipotensis nol (H0) yang menyatakan tidak ada perbedaan yang signitifikasi dalam minat belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan media diorama , dan menerima hipotensis alternatif (Ha) yang menyatakan adanya perbedaan yang signifikan
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26154
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi siti anisa.pdf5.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.