Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26141
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKhofifah, Ulfatul-
dc.date.accessioned2024-11-13T10:49:05Z-
dc.date.available2024-11-13T10:49:05Z-
dc.date.issued2024-09-21-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26141-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa. Siswa belum aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga siswa sangat kurang dalam melakukan kegiatan pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Dari Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan Helvetia. Populasi dari penelitian ini yaitu berjumlah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik Purposive Sampling. Insturmen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Uji Prasyarat (Uji Normalitas dan Uji Homogenitas) serta Uji-T (Independen t-test). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa metode hypnoteaching berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan Helvetia, dilihat dari hasil yang signifikan (sig-2 tailed) 0,000 < 0,05, artinya adalah Ha diterima H0 ditolak. ini membuktikan bahwa adanya pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan Helvetia. Hasil analisis data memperoleh rata-rata (mean) pada kelas kontrol tanpa diberikannya perlakuan (treatment) penggunaan metode hypnoteaching yaitu sebesar 70,21. Sedangkan pada siswa kelas eksperimen yang diberikannya perlakuan (treatment) menggunakan metode hypnoteaching memperoleh nilai rata-rata 90,95. Maka dari itu siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan metode hypnoteaching memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang tanpa menggunakan metode hypnoteaching.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectMetode Hypnoteachingen_US
dc.subjectMotivasi Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan Helvetiaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ULFA.pdf3.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.