Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26135
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | PRAWESTI, RAMADINAH | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-13T09:38:21Z | - |
dc.date.available | 2024-11-13T09:38:21Z | - |
dc.date.issued | 2024-10-18 | - |
dc.identifier.uri | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26135 | - |
dc.description.abstract | Penelitian yang berjudul Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Sekolah Dasar 3 Muhammadiyah 1 Aek Kenopan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa di kelas tersebut dengan menggunakan model pembelajaran PJBL. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dibagi menjadi 2 siklus, diantaranya siklus pertama (I) dan siklus kedua (II) dengan masing-masing siklus melalui 4 tahap yakni : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas 3 SD Muhammadiyah 1 Aek Kenopan yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian ini meyatakan bahwa implemantasi model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa, hal ini didukung oleh nilai rata-rata siswa yang diperoleh pada siklus I yaitu 73,5. dengan presentase kelulusan 55% sebanyak (11 siswa) dan 45% sebanyak (9 siswa). Hasil observasi yang dilakukan terhadap guru dengan skala 1-5 memperoleh skor 52 dengan presentase 61,7% pada skor maksimal sebesar 85. Sedangkan pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan yakni, nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebesar 80, dengan presentase lulus 90% sebanyak (18 siswa) dan tidak lulus 10% sebanyak (2 siswa). Hasil observasi terhadap guru juga terdapat peningkatan yakni memperoleh skor 75 dengan presentase sebesar 88,23% pada skor maksimal sebesar 85. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat diperoleh hasil bahwa implementasi model pembelajaran Project Based Learning mampu meningkatkan kreativitas siswa kelas 3 SD Muhammadiyah 1 Aek Kenopan secara signifikan. | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) | en_US |
dc.subject | Kreativitas Belajar Siswa. | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PJBL ) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 3 SD MUHAMMADIYAH 1 AEK KANOPAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
PRAWESTI RAMADINAH.pdf | 4.05 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.