Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26128
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYANI, ELVI-
dc.date.accessioned2024-11-13T07:07:07Z-
dc.date.available2024-11-13T07:07:07Z-
dc.date.issued2024-08-22-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26128-
dc.description.abstractAgar pelajaran kewarganegaraan di sekolah dasar menarik, anak-anak harus mampu mengambil bagian. Pembuatan materi pembelajaran berbasis permainan edukatif yang menarik dan dapat digunakan siswa untuk menerapkan apa yang telah dipelajari merupakan salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut. Maka dengan dua tujuan tersebut, peneliti membuat materi pembelajaran wordwall. Mereka tertarik pada dua hal: pertama, membuat produk atau media pembelajaran GAULL (Wordwall Educational Game), dan kedua, mengetahui apakah media tersebut sah dari segi hak dan kewajibannya. Penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan 4 D yang diusulkan oleh Thiagarajan dalam konteks ini. Peneliti pada penelitian ini hanya melaksanakan tiga tahap pengembangan 4D pada media pembelajaran GAULL (Wordwall Educational Game) pada Tema 4 subtema 1 yaitu “Hak, Kewajiban dan Tanggung Jawab”, karena hanya tema inilah yang ditetapkan dapat diterapkan pada proses pembelajaran. sesuatu yang menurut orang menarik. Alat pengumpulan data berupa angket yang dikirimkan kepada validator yang merupakan tenaga profesional di bidang media dan materi. Validasi ahli media memperoleh skor 95%, sedangkan validasi ahli materi memperoleh skor 96%. Dengan demikian, 95% merupakan skor rata-rata kedua validator. dengan tujuan untuk menetapkan standar yang “sangat valid” berdasarkan temuan kedua ahli tersebut. Media pembelajaran GAULL berupa permainan edukatif termasuk dalam subtema “Hak, Kewajiban dan Tanggung Jawab” Tema 4, dan pengembangannya dinilai “sangat valid” untuk tujuan pendidikan.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectLearning Mediaen_US
dc.subjectWordwallen_US
dc.subjectHak dan kewajibanen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAULL (GAME EDUKASI WORDWALL) PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS V UPT SD NEGERI 065003 MEDAN LABUHANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
JURNAL_ELVIYANI_2002090283.pdfFull Text1.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.