Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26127
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.author-, ANNISA-
dc.date.accessioned2024-11-13T06:50:31Z-
dc.date.available2024-11-13T06:50:31Z-
dc.date.issued2024-10-22-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26127-
dc.description.abstractPenggunaan model pembelajaran sangat menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran, untuk itu perlu dirancang suatu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dan membangun sifat kerjasama dalam kelompok sehingga siswa termotivasi dalam belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah model pembelajaran inside outside circle. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran inside outside circle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Muhamadiyah 03 Medan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Jl. Abdul Hakim No.2, Tj. Sari, Kec. Medan Selayang, Kota Medan. Yang terdiri dari 1 kelas yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan uji liliefors untuk menguji normalitas data, uji fisher untuk menguji homogenitas varians dan uji-t untuk menguji hipotesis. Aspek Motivasi belajar yang diamati mengalami peningkatan dengan rata-rata yang diperoleh dari lima indikator Motivasi belajar pada Pre-test sebesar 72.87 meningkat menjadi post-test 85.03. yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh terhadap model pembelajaran inside outside circle terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD Muhammadiyah 03 Medan.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectModel Pembelajaran Inside Outside Circleen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE INSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH O3 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
JURNAL ANNISA (Wisuda) 1.pdfFull Text1.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.