Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26126
Title: PENERAPAN TEKNIK PSIKOEDUKATIF DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN REGULASI EMOSIONAL PADA SISWA SMA SWASTA ASUHAN DAYA Tahun Ajaran 2023/2024
Authors: Salsabiella, Diraikha
Keywords: Teknik Psikoedukatif;Bimbingan Kelompok;Regulasi Emosi
Issue Date: 22-Oct-2024
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kualitas penerapan teknik psikoedukatif dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan regulasi emosional pada siswa SMA Swasta Asuhan Daya. Regulasi emosional yang baik sangat penting bagi siswa untuk membantu mereka mengelola perasaan, mengurangi stres, dan membangun hubungan sosial yang lebih positif. Namun, hasil observasi awal menunjukkan bahwa sebagian siswa di sekolah tersebut masih mengalami kesulitan dalam mengendalikan emosi, seperti mudah marah, berkata kasar, dan terlibat dalam perilaku agresif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik triangulasi data. Proses intervensi dilakukan dalam dua siklus layanan bimbingan kelompok, di mana teknik psikoedukatif diterapkan untuk membantu siswa mengenali, mengelola, dan mengekspresikan emosi mereka secara tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik psikoedukatif dalam layanan bimbingan kelompok secara signifikan meningkatkan keterampilan regulasi emosional siswa. Siswa menjadi lebih mampu mengendalikan emosi, mengurangi perilaku impulsif, dan menunjukkan peningkatan dalam interaksi sosial mereka. Kesimpulannya, layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan psikoedukatif efektif dalam membantu siswa mengatasi masalah regulasi emosional.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26126
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DIRA.pdfFull Text4.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.