Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26125
Title: PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN GESTALT UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK PADA SISWA DISMKN 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2023/2024
Authors: SALSABILA, HUSNA AYUDIA
Keywords: Layanan Konseling Individual;Pendekatan Gestalt;Stres Akademik
Issue Date: 22-Oct-2024
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah stres akademik siswa yang berdampak terhadap perilaku siswa dalam belajar. Stres akademik ini merupakan suatu kondisi yang membuat siswa merasa tertekan terhadap tugas sekolah yang diberikan oleh guru. Siswa yang tidak mampu memenuhi segenap tuntutan akademik cenderung akan mengalami stres. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi stres akademik yang dialami oleh siswa kelas XII SMK Percut Sei Tuan dengang menggunakan layanan konseling individual dengan menggunakan pendekatan gestal. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan objek penelitian sebanyak 3 orang siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara yang sesuai dengan permasalahan stres akademik yang dialami oleh siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa layanan konseling individual dapat mengurangi stres akademik siswa yang awalnya cukup tinggi dan berdampak terhadap sikap dan perilaku belajar serta hasil belajarnya yang cenderung rendah sekarang sudah mulai mampu meregulasi diri dan memanajemen waktu dengan baik dalam belajar sehingga mampu mengerjakan segenap tuntutan akademik yang diberikan oleh masingmasing guru.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26125
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI HUSNA.pdfFull Text4.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.