Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26111
Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SD 064978 MEDAN |
Authors: | FITRIANI, ASI |
Keywords: | Model Pembelajaran;Inside Outside Circle;Hasil Belajar |
Issue Date: | 22-Sep-2024 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Hasil belajar siswa yang berupa indeks prestasi dapat dipengaruhi oleh adanya model mengajar yang digunakan guru dalam menyampaikan materi Permasalahan dalam materi ini yang pertama adalah, bagaimana haal belajar mata pelajaran IPS siswa di siswa kelas III SD 064978 Medan Denai, kedua apakah terdapar model pembelajaran yang bervariasi di SD 064978 Medan Denai selama proses belajar mengajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 064978 Medan Denai. Hal ini disebabkan oleh penerapan metode atau model pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan hasil pengamatan awal terungkap adanya masalah yang sering muncul seperti siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran IPS, kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan, pembelajaran masih di dominasi oleh guru dan belum diterapkannya pembelajaran inovatif di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model inside-outside circle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas III SD Negeri 064978 Medan Denai. Untuk mengetahui pengaruh signifikan antara IOC dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2024. Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Negeri 064978 Medan Denai yang berlokasi di Jl. Manunggal Kelurahan Denai , Kecamatan Medan Denai, Kota Medan Prov. Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa Pretest dan Posttest belajar IPS yang berisi 20 pertanyaan dan dokumentasi lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD 064978 Medan dengan sampel seluruh populasi. Dari hasil penelitian diperoleh t hitung sebesar 65,291 dan t tabel 1,664 t hitung > t tabel artinya ada pengaruh yang signifikan media poster terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 064978 Medan Denai. Berdasarkan kesimpulan tersebut terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran tipe Inside Outside Circle dengan pembelajaran Konvensional, maka dapat direkomendasikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle dapat digunakan sebagai alternative model pembelajaran pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 064978 Medan Denai |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26111 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_ASI FITRIANI_2002090124.pdf | Full Text | 8.51 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.