Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26109
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKHAWAQIF-
dc.date.accessioned2024-11-13T02:11:30Z-
dc.date.available2024-11-13T02:11:30Z-
dc.date.issued2024-08-29-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26109-
dc.description.abstractPenanganan kecemasan pasien dalam praktik kedokteran gigi memerlukan pendekatan komunikasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana dokter gigi mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kecemasan pada pasien dan metode komunikasi yang digunakan untuk mengatasi kecemasan selama perawatan gigi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan wawancara dengan tiga dokter gigi berpengalaman, yaitu drg. Andri Prayuga, drg. Fahrur Rozi Lubis, dan drg. Ahmad Fachri, untuk menggambarkan pola komunikasi mereka dalam konteks ini. Penelitian ini melibatkan interaksi dua arah yang dinamis, dimana dokter gigi tidak hanya memberikan informasi dan penjelasan kepada pasien, tetapi juga mendengarkan kekhawatiran dan mendapatkan umpan balik dari pasien secara aktif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dokter gigi menerapkan pola komunikasi sirkuler, yaitu interaksi dua arah yang dinamis. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan komunikatif yang responsif dan empatik dalam mengurangi anxiety pasien, serta merekomendasikan pelatihan komunikasi tambahan bagi praktisi gigi untuk meningkatkan efektivitas penanganan kecemasanen_US
dc.subjectAnxietyen_US
dc.subjectDokter Gigien_US
dc.subjectMetode Kualitatifen_US
dc.titlePOLA KOMUNIKASI DOKTER KLINIK RUMAH GIGI MULUT DALAM MENGATASI ANXIETY PASIENen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI KHAWAQIF.pdfFull text5.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.