Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26104
Title: | EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI YAYASAN TAHFIDZUL QUR’AN AL-FAWWAZ |
Authors: | AZMI, NURUL |
Keywords: | Evaluasi Program;Tahfidz Al-Qur’an;Model CIPP |
Issue Date: | 29-Aug-2024 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Evaluasi program perlu dilakukan dalam rangka pengendalian mutu, menjaga program agar berjalan dan dilaksanakan dengan standar yang telah ada atauditetapkan. Dilakukan dengan menyeluruh, transparan dan sistematik. Penelitian inibertujuan untuk mengevaluasi Context, input, process, product program tahfidz di Yayasan Tahfidzul Qur’an Al-Fawwas Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan model evaluasi teori Stufflebeam yaitu CIPP (Context, input, process, product). Teknikpengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan studidokumentasi. teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa: Pertama, hasil evaluasi dari ContextProgram tahfidz Al-Qur’an di Yayasan Tahfidzul Qur’an Al-Fawwas Medan yangingin mencapai visi dan misi yayasan sudah mencapai tujuan tersebut. Penyelenggaraan dan prosedur program sudah berjalan dengan baik dan juga Yayasan mampu memperbaiki dan menambah apa saja untuk kelangsunganprogram tahfidz agar lebih baik lagi. Kedua, hasil evaluasi input program tahfidz Al-Qur’an diketahui bahwa kemampuan Mudir, guru dan siswa memilikikemampuan membaca dan menghafal yang baik, kemampuan Yayasan dalammenyediakan fasilitas, metode juga pengelolaan dana sudah mencapai tujuan. Komponen input pada program tahfidz di Yayasan Tahfidzul Qur’an Al-FawwasMedan sudah cukup baik walaupun masih perlu kualifikasi yang ditetapkan Yayasan harus ditingkatkan lagi. Ketiga, Hasil evaluasi Process program tahfidzAl-Qur’an menunjukkan bahwa pembelajaran tahfidz berjalan lancar sesuai denganyang direncanakan. Metode yang digunakan yaitu tiqrar, dan yang menjadi kendala dalam pelaksanaan program yaitu kurangnya penetapan waktu pembelajaran dankurangnya guru yang ada di Yayasan. Keempat, hasil evaluasi product/Hasilmenunjukan bahwa pencapaian target hafalan santri berjalan sesuai target, Yayasanakan mengadakan ujian ulang bagi santri yang belum lulus dan bagi santri yang sudah lulus akan ikut dalam menjadi peserta dalam acara wisuda di Yayasan. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26104 |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi Nurul Azmi (1701020115).pdf | Full Text | 4.33 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.