Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2610
Title: Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Smk Bm Taman Siswa Medan
Authors: Nababan, Saiful
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw;Hasil Belajar.
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMK BM Taman Siswa Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan kelas X SMK BM Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dengan populasi yang digunakan seluruh kelas X yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah siswa 25. Dimana penelitian ini dilakukan dengan menggunakan satu kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan jenis kelas yang terdiri dari satu kelas atau total sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes, yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari analisis data Pre-Tes dan Post Tes diperoleh mean Pre-Tes 62,4 dan standart deviasi 18,66. Sedangkan untuk data Post-Test diperoleh mean 74,8 dan standart deviasi 13,73. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t student dengan dk = n-1 pada α = 0.05. Dan data perhitungan hipotesis diperoleh bahwa t hitung (5,43) > ttabel (1,711), yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar Akuntansi siswa kelas X SMK BM Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2610
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.