Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26095
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHB, AYU LESTARI-
dc.date.accessioned2024-11-13T01:31:05Z-
dc.date.available2024-11-13T01:31:05Z-
dc.date.issued2024-10-18-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26095-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana keterampilan menulis siswa pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN 101873 Desa Baru. (2) Bagaimana keterampilan menulis siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas IV SDN 101873 Desa Baru. (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan menulis siswa pada siswa kelas IV SDN 101873 Desa Baru. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui keterampilan menulis siswa pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN 101873 Desa Baru. (2) Untuk mengetahui keterampilan menulis siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada kelas IV SDN 101873 Desa Baru. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV SDN 101873 Desa Baru. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas eksperimen sebagai kelas IV-A dan kelas kontrol sebagai IV-B di SDN 101873 yang berjumlah 25 orang kelas eksperimen dimana terdapat 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan serta kelas kontrol yang berjumlah 22 orang dengan 15 laki-laki dan 7 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan dua kelas. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar perfomence test (observasi). Teknik penggumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T dengan perhitungan t-independent satu pihak dengan SPSS 16 yang menghasilkan sig. (2-tailed) 0,005 < 0,05. Nilai t hitung sebesar 2.976 dan nilai t tabel dengan tingkat kepercayaan 95% maka terbukti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan menulis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN 101873 Desa Baru.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Picture and Pictureen_US
dc.subjectKeterampilan Menulis Siswaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAPKETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 101873 DESA BARUen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi AYU LESTARI HB (2002090071) FKIP PGSD Oke.pdfFull Text8.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.