Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26089
Title: | Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book terhadap Motivasi Belajar pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Lahan Basah Kelas 3 SD Muhammadiyah 07 Medan |
Authors: | Riana, Fani Handini |
Keywords: | Media pop-up book;motivasi belajar;IPA |
Issue Date: | 29-Aug-2024 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan guna melihat bagaimana pop-up book berpengaruh terhadap keinginan untuk belajar mata pelajaran IPA materi ekosistem lahan basah di kelas 3SD Muhammadiyah 07 Medan. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi eksperimen control group design. Penelitian ini mengambil dua kelas untuk dijadikan sampel dengan satu kelas dijadikan kelas yang menggunakan pop-up book sebagai media pembelajaran dan kelas lainnya tidak menggunakan pop-up book sebagai media pembelajaran. teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dalam pengambilan sampelnya dan menggunakan angket untuk pengumpulan data nya sebanyak 20 butir. Untuk menganalisis data, digunakan uji T yang telah digunakan sebelumnya untuk uji normalitas Shapiro Wilk dan uji homogenitas Levene. Sebelum penelitian dimulai, dilakukan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach dan uji validitas menggunakan rumus Gregory. Uji hipotesis menggunakan T test yaitu memiliki nilai signifikansi 0,000, berlandaskan temuan yang didapatkan disimpulkan pop-up book mempunyai pengaruh penting dalam motivasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 07Medan. Ini dapat menjadi salah satu solusi untuk membuat buku pop-up sebagai mediapembelajaran sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26089 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
JURNAL FANI.pdf | 2.8 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.