Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26062
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorCINDY SHINTIA, ANGGREINI-
dc.date.accessioned2024-11-12T09:23:44Z-
dc.date.available2024-11-12T09:23:44Z-
dc.date.issued2024-09-21-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26062-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SD Negeri 040456 Berastagi.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pengambilan sampel dengan teknik Simple Random Sampling karena semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas VA berjumlah 26 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB berjumlah 26 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Model Pembelajaran talking Stick. sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan berganda dan dokumentasi. Pengujian akan dilakukan dengan menggunakan Uji Hipotesis Independent Sample Test, yang diawali dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas pada soal yang akan diberikan kepada siswa, kemudian diuji kembali menggunakan uji normalitas dan homogenitas, untuk melihat apakah data yang diberikan pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen atau tidak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai pre-test siswa sebelum diberi perlakuan dengan rata-rata nilai post-test siswa setelah diberikan perlakuan. Hasil ini juga didukung dengan dilakukannya Uji Hipotesis, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana lebih kecil atau kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Jika didefinisikan secara singkat maka terdapat pengaruh dalam penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di SD Negeri 040456 Berastagi.en_US
dc.subjectTalking Stick,en_US
dc.subjectPembelajaranIPA,HasilBelajar.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJAR IPAKELAS V DI SD NEGERI 040456 BERASTAGIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CINDY SHINTIA ANGGREINI.pdf1.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.