Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26059
Title: Pengaruh Metode Pembelajaran STEAM terhadap Kreativitas Peserta Didik Kelas IV Di SDN 104134 Medan Sinembah
Authors: Davala, Muammar
Keywords: Metode STEAM;Kreativitas
Issue Date: 18-Oct-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran STEAM terhadap Kreativitas Peserta Didik Kelas IV Di SDN 104134 Medan Sinembah. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test one group design”. Pada penelitian ini hanya menggunakan satu kelas eksperimen saja tanpa adanya kelas pembanding atau kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan Teknik Sampling Jenuh, Adapun variabel bebas (X) pada penelitian ini yaitu Metode Pembelajaran STEAM, sedangkan variabel terikat (Y) pada penelitian ini yaitu Kreativitas Peserta Didik. Uji yang dilakukan pada penelitian ini adalah Uji Validitas untuk melihat apakah instrumen valid alam penelitian ini menggunakan intrumen observasi, kemudian, untuk dapat melihat apakah terdapat pengaruh Metode Pembelajaran STEAM terhadap Kreativitas Peserta Didik peneliti menggunakan Uji Hipotesis Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan pada penggunaan Metode Pembelajaran STEAM terhadap Kreativitas Peserta Didik, Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perolehan peningkatan rata-rata nilai pre-test siswa sebelum diberi perlakuan dengan nilai 48,68%, dan dengan rata-rata nilai post-test siswa setelah diberikan perlakuan dengan nilai 56,74%. Hasil ini juga didukung dengan dilakukannya Uji Hipotesis, dengan nilai signifikansi sebesar <0,002 yang mana lebih kecil atau kurang dari 0,005. Hal ini menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jika diartikan secara singkat, maka dapat disimpulkan terdapat “Pengaruh Metode Pembelajaran STEAM terhadap Kreativitas Peserta Didik Kelas IV Di SDN 104134 Medan Sinembah”
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26059
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUAMMAR DAVALA.pdf6.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.