Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26040
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMUHAMMAD, DAFFA-
dc.date.accessioned2024-11-12T01:54:28Z-
dc.date.available2024-11-12T01:54:28Z-
dc.date.issued2024-10-02-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26040-
dc.description.abstractPenelitian ini berfokus pada bagaimana cara mengurangi tingkat kebisingan knalpot yang dihasilkan sepeda motor, yang populasinya meningkat dari tahun ke tahun. Tujuan penelitian ini adalah menurunkan tingkat kebisingan knalpot sepeda motor dengan cara memodifikasi saluran gas buang, yaitu dengan memodifikasi bagian dalam resonator knalpot menggunakan pipa resonator berbahan tembaga dan alumunium hasil daur ulang. Penelitian ini akan mendaur ulang skrap tembaga dan alumunium sebagai pengganti resonator dan kemudian dilakukan pengujian tingkat kebisingan pada kenalpot sepeda motor. Elemen yang akan diamati adalah nilai desible sebagai data pembanding. Alat yang akan digunakan untuk mengamati dan melihat elemen tersebut adalah Sound Meter. Dari hasil pengujian dan analisa data, didapatkan uji tingkat kebisingan terbaik knalpot sepeda motor pada rpm 1450 knalpot skrap alumunium menunjukkan tingkat kebisingan terendah sebesar 78,3 Db, dan pada rpm 4000 sebesar 90,6 Db. Sedangkan pada rpm 5000 knalpot skrap tembaga menunjukan tingkat tingkat terendah sebesar 95,8.en_US
dc.subjectknalpoten_US
dc.subjectsepeda motoren_US
dc.subjecttingkat kebisinganen_US
dc.subjectalumuniumen_US
dc.subjecttembagaen_US
dc.titlePERBANDINGAN TINGKAT KEBISINGAN KNALPOT STANDART SEPEDA MOTOR DAN KNALPOT MODIFIKASI BERBAHAN SKRAP TEMBAGA DAN SKRAP ALUMUNIUM LIMBAH PEMBUBUTANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skrpsi bismillah acc.pdfFull text2.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.